Urutan Belajar Bahasa Pemrograman untuk Pemula
Programmer sekarang adalah salah satu profesi yang paling menjanjikan. Dari bangun hingga tidur lagi, kami tidak menghitung akses ke telepon pintar, komputer, TV pintar, dan banyak perangkat digital lainnya. Semua peralatan ini membutuhkan perangkat lunak untuk berfungsi. Ini adalah pekerjaan seorang programmer.
Siapa pun dapat mempelajari keterampilan untuk menjadi seorang programmer. Anda tidak harus pergi ke sekolah formal untuk membuat program. Dengan modal komputer dan sumber belajar yang tepat, Anda dapat menjadi programmer profesional.
Tetapi kesuksesan membutuhkan waktu, disiplin, dan kesabaran. Menulis program sederhana dapat dilakukan dalam hitungan menit (bahkan jika Anda seorang amatir), tetapi belajar bahasa pemrograman dapat memakan waktu berbulan-bulan atau bertahun-tahun.
Selamat jika Anda sedang mempelajari ilmu komputer. Semua keterampilan dasar yang diperlukan untuk programmer diajarkan di kampus. Ada juga "urutan pembelajaran" standar di kampus. Sebagai contoh, Anda harus terlebih dahulu menyelesaikan kursus dalam struktur data sebelum Anda bisa masuk ke materi basis data. Atau, Anda harus menyelesaikan materi algoritma sebelum memasuki kursus pemrograman objek.
Namun, bagi mereka yang tidak belajar jurusan komputer, urutan pembelajaran ini bisa menjadi sakit kepala. Sebagai contoh, ratusan bahasa pemrograman tersedia. Masing-masing bahasa ini juga tergantung pada bahasa lain. Apa yang harus saya pelajari terlebih dahulu? Atau apakah tepat untuk mempelajari bahasa pemrograman secara langsung? Dalam artikel ini, belajar menjadi pemrogram yang sesuai dengan tahapan menggambarkan Anda .
PS: Apa yang saya gambarkan di sini adalah jalur belajar "ideal" berdasarkan pengalaman pribadi saya. Pada kenyataannya, banyak programmer tidak mengikuti jalur ini atau bahkan memiliki metode pembelajaran mereka sendiri. Banyak jalan menuju Roma dan sedang mempelajari pemrograman.
Memahami cara mengoperasikan komputer
Ini adalah keterampilan paling dasar yang perlu Anda pelajari. Ini mungkin aneh, tetapi banyak orang ingin belajar pemrograman secara langsung tetapi tidak dapat membuka file PDF atau menginstal program komputer.
Idealnya, Anda harus terlebih dahulu mempelajari keterampilan dasar mengoperasikan komputer.
- Instal program di komputer Anda beberapa kali (tetapi cukup klik tombol Next).
- Memahami jenis ekstensi umum seperti .doc , .jpg , .pdf, dan aplikasi yang digunakan untuk membuka file ini. .zip file atau .rar file cara membuka dan mereka
mengerti Anda. - Saya kenal dengan browser web dan dapat mengunduh file dari internet.
- Memahami manajemen file dalam sistem operasi. Misalnya, Anda dapat membuat folder atau menyalin dan menempel file dari satu lokasi ke lokasi lain .
Mampu mengoperasikan komputer ini sangat umum. Tolong jangan belajar bagaimana menautkan ke file PDF. Namun, saya tidak mengerti apa itu file PDF.
Misalnya, jika Anda ingin mempelajari cara memperbaiki mobil (mekanik), Anda harus dapat mengoperasikan mobil terlebih dahulu. Kalau tidak, banyak kendala akan terjadi selama proses pembelajaran.
Mulailah dengan suatu algoritma
Setelah bekerja dengan lancar dengan komputer Anda , Anda dapat beralih ke sumber pertama, algoritma pembelajaran . Sederhananya, suatu algoritma adalah langkah logis dalam menyelesaikan masalah. Algoritma ini sangat umum, dan kami sering menerapkannya setiap hari.
Sudahkah Anda memasak yakisoba? Bisakah Anda menggambarkan urutan yang harus Anda jalankan? Ini termasuk satu bentuk algoritma, "algoritma mie goreng".
Program ini pada dasarnya dirancang untuk menyelesaikan masalah. Misalnya, jika Anda ingin menulis program pemutar mp3, masalah yang ingin Anda selesaikan adalah bagaimana memberi tahu komputer untuk mendengar musik dari pengeras suara ketika seseorang mengklik tombol putar.
Untuk pengguna aplikasi, langkah-langkah yang diperlukan sangat sederhana. Yaitu, klik menu Open dan cari file dengan ekstensi. Klik Mp3 dan kemudian tombol Play.
Namun, ketika menulis sebuah program, programmer harus melakukan ratusan hingga ribuan langkah. Mulai dari menampilkan aplikasi, menyesuaikan posisi tombol Open, memeriksa apakah file yang dibuka benar-benar file .mp3, memeriksa apakah driver kartu suara dipasang di komputer, dll.
Setelah Anda memahami algoritme, Anda akan dapat menuliskannya langkah demi langkah. Anda tidak selalu harus bergantung pada tutorial yang ada.
Pada kenyataannya, algoritma ini seperti masalah puzzle yang mempertajam logika. Misalnya, tulis kode program yang membuat seri yang merupakan kelipatan dari tiga angka yang Anda masukkan. Oleh karena itu, pengguna adalah 6 dan input Lalu, untuk menampilkan kelipatan 3 dari 6.
3, 6, 9, 12, 15, 18 |
Atau, pengguna adalah 10 dan jika Anda memasukkan , dan menampilkan 10 kelipatan 3.
3, 6, 9, 12, 15, 18, 21, 24, 27, 30 |
Lebih rumit lagi adalah bahwa jika angka yang ditampilkan dapat dibagi 4, maka tambahkan angka itu menjadi 100. Jadi jika pengguna memasukkan 10 , hasilnya adalah:
3, 6, 9, 112, 15, 18, 21, 124, 27, 30 |
Sebagai contoh lain, buat program untuk menghasilkan uang. Jadi jika Anda mengetik 1139350, hasilnya adalah:
angka 100.000 = 11 lembar angka 50.000 = 0 lembar angka 20.000 = 1 lembar angka 10.000 = 1 lembar angka 5.000 = 1 lembar angka 2.000 = 2 lembar angka 1.000 = 0 lembar angka 500 = 0 lembar angka 100 = 3 lembar sisa = 50 |
Bagaimana cara mendesain langkah-langkah logis untuk membuat aplikasi seperti itu? Ini akan dipelajari dalam dokumentasi algoritma.
Algoritma ini tidak terikat pada bahasa pemrograman tertentu. Dua pertanyaan di atas dapat ditanyakan menggunakan bahasa pemrograman apa pun.
Namun, sebagian besar materi pembelajaran algoritma, Pascal , C , C Tasutasu tidak menggunakan bahasa pemrograman dasar, seperti Anda . Aplikasi yang dihasilkan juga sangat sederhana. Yaitu, aplikasi berbasis DOS (teks hitam dan putih) seperti:
Saya sendiri , PHP , JavaScript , Visual Basic , seperti bahasa yang lebih modern tidak harus menemukan buku algoritma, termasuk . Salah satu alasannya adalah Pascal, C, atau C ++ tidak mengalami banyak fitur yang tersedia dan tidak memerlukan persyaratan materi tambahan.
Namun, sebagian besar materi pembelajaran algoritma, Pascal , C , C Tasutasu tidak menggunakan bahasa pemrograman dasar, seperti Anda . Aplikasi yang dihasilkan juga sangat sederhana. Yaitu, aplikasi berbasis DOS (teks hitam dan putih) seperti:
Saya sendiri , PHP , JavaScript , Visual Basic , seperti bahasa yang lebih modern tidak harus menemukan buku algoritma, termasuk . Salah satu alasannya adalah Pascal, C, atau C ++ tidak mengalami banyak fitur yang tersedia dan tidak memerlukan persyaratan materi tambahan.
Misalnya, jika algoritma ini diajarkan menggunakan bahasa PHP, maka keterampilan HTML diperlukan terlebih dahulu. Selain aliran menampilkan teks dalam PHP, itu juga sangat rumit (instal XAMPP, buka di browser web, dll).
Alasan lain adalah bahwa, biasanya di kampus IT, bahasa Pascal, C dan C ++ telah dikuasai secara mendalam oleh para guru tingkat lanjut karena bahasa pemrograman ini ada beberapa dekade yang lalu.
Oleh karena itu, untuk menjelajahi algoritme, pilihan kami adalah tiga bahasa pemrograman ini, yang Pascal , C, atau dalam C ++ terbatas bagi Anda . Anda tidak harus mempelajari ketiganya, tetapi pilih satu saja.
Di kampus jurusan komputer, mahasiswa baru di tahun pertama juga harus mempelajari algoritma terlebih dahulu. Pilihan bahasa pemrograman tergantung pada preferensi guru. Jika instruktur terbiasa dengan C, bahasa yang digunakan adalah C. Namun, biasanya salah satu dari Pascal, C, atau C ++.
Hanya di tahun kedua dan ketiga siswa memasukkan lebih banyak bahasa pemrograman berorientasi kerja seperti Java, PHP, JavaScript, Python, dan Delphi.
Faktanya, aplikasi Pascal, C, C ++ tidak terbatas pada pembelajaran algoritma dan penulisan aplikasi DOS.
Bahasa Pascal juga dapat digunakan untuk membuat aplikasi desktop grafis hingga Android, tetapi kami sudah menggunakan aplikasi lain seperti Lazarus dan Delphi .
Bahasa C , seperti perangkat robot, seperti mesin pabrik dan sistem tertanam Arduino telah banyak digunakan dalam pemrograman telah . C ++ dapat digunakan untuk membuat aplikasi desktop (menggunakan Visual C ++) , tetapi juga merupakan dasar untuk berbagai aplikasi pembuatan game seperti Unreal Engine , Unity , dan Construct .
Namun secara umum, buku algoritma belum mencapai tahap ini.
Jika Anda tertarik mempelajari algoritma dasar, Anda dapat menggunakan Pascal: Pascal Uncover di Duniailkom . Bahasa pemrograman lain seperti C dan C ++ secara bertahap digunakan.
Untuk adik-adik SMA / SMK / MA, bahasa pemrograman Pascal juga merupakan bahasa pemrograman yang digunakan oleh Olimpiade Sains Nasional di bidang komputer.
Pilih bahasa pemrograman sesuai dengan aplikasi yang akan dibuat
Setelah mempelajari konsep algoritma, Anda akan memasukkan bahasa pemrograman "asli" di level ini. Dengan kata lain, hasil akhir dari proses ini tidak hanya aplikasi berbasis DOS seperti ketika mempelajari algoritma, tetapi juga aplikasi yang sering ditemui setiap hari.
Algoritma dasar yang dipelajari sangat berguna dalam mempelajari bahasa pemrograman.
Pada titik ini Anda harus memilih dari banyak bahasa pemrograman. Cara memilih " Apakah Anda membuat aplikasi " dimulai dari Anda .
Anda dapat menggunakan bahasa pemrograman A untuk sebagian besar bahasa pemrograman tertentu untuk membuat aplikasi tertentu, misalnya, untuk membuat aplikasi desktop, tetapi Anda tidak dapat menggunakannya untuk membuat web. meninggal. Namun, ada beberapa bahasa pemrograman yang bersifat generik dan dapat digunakan untuk membuat berbagai aplikasi.
Untuk mempermudah, kami akan membagi jenis aplikasi ini menjadi tiga kelompok besar.
- Aplikasi desktop . Aplikasi yang dapat diinstal pada komputer (terutama berbasis Windows).
- Aplikasi seluler (berbasis Android dan iOS) yang merupakan aplikasi yang diinstal pada ponsel cerdas Anda .
- Aplikasi web adalah bahasa pemrograman untuk membuat situs web.
Anda dapat menggunakan beberapa jenis bahasa pemrograman untuk setiap aplikasi. Mari kita lihat beberapa di antaranya.
Cara membuat aplikasi desktop (untuk OS Windows)
Ada beberapa bahasa pemrograman yang dapat digunakan untuk membuat aplikasi desktop khusus untuk sistem operasi Windows.
Yang paling populer adalah "keluarga" Microsoft Visual Studio . Visual Studio adalah aplikasi Microsoft yang mendukung berbagai bahasa pemrograman. Untuk aplikasi Visual Studio ini, Anda dapat memilih bahasa C ++ , C # , atau Basic .
Karena Microsoft menambahkan fitur-fitur khusus yang diperlukan untuk membuat aplikasi desktop, masing-masing bahasa ini, awalan " Visual oleh" Visual C Tasutasu , Visual C # , dan di Visual Basic ditambahkan Anda.
Dengan Visual Studio, Anda dapat membuat aplikasi desktop menggunakan berbagai bahasa pemrograman, tergantung pada preferensi Anda. Visual Studio sangat cocok untuk membuat aplikasi berbasis Windows karena disediakan oleh orang yang membuat Windows sendiri, Microsoft.
Bahasa pemrograman alternatif lain yang tersedia adalah Delphi dan Lazarus , keduanya menggunakan basis bahasa pemrograman Pascal. The Java bahasa dapat juga digunakan untuk membuat aplikasi desktop.
Cara membuat aplikasi seluler
Aplikasi mobile, dua kelompok besar, yaitu, Google telah menciptakan satu Android operasi sistem dan Apple untuk membuat para iOS untuk sistem operasi dapat dibagi .
Bahasa pemrograman paling populer untuk menulis aplikasi Android adalah bahasa Java . Di sisi lain, Anda dapat menggunakan bahasa Swift untuk membuat aplikasi iOS .
Karena Android lebih populer di Indonesia (karena lebih populer), kami hanya berfokus pada sistem operasi Android. Selain itu, saya belum secara pribadi mencoba bahasa pemrograman Swift, jadi saya tidak dapat membagikannya lebih lanjut.
Seperti Microsoft Visual Studio, Google, pengembang utama sistem operasi Android, juga menawarkan perangkat lunak khusus, Android Studio , untuk membuat aplikasi Android .
Dengan Android Studio, Anda dapat mendesain aplikasi Android menggunakan salah satu dari dua bahasa pemrograman, aplikasi Java dan bahasa Kotlin. Bahasa pemrograman Kotlin sendiri sangat mirip dengan Java dan baru-baru ini menjadi bahasa resmi Android Studio.
Namun, kami tidak menyarankan mempelajari Android Studio secara langsung karena kerumitannya. Pertama, Anda perlu mempelajari konsep dasar bahasa Jawa secara individual. Lalu masuk ke Android Studio.
Selain pembuat Android, ada beberapa bahasa pemrograman alternatif, beberapa di antaranya juga menyediakan metode penemuan tanpa pengkodean, seperti di sana, dan di sana untuk membuat aplikasi Android. ada MIT App Inventor , appy pie , AppMakr , PhoneGap ( Apache Cordoba ). Namun, aplikasi "instan" semacam itu umumnya berbayar atau gratis dengan beberapa batasan. Kontras dengan Android Studio 100% gratis.
Jika Anda serius tentang karier Anda sebagai programmer Android, Java dan Android Studio adalah pilihan yang bagus.
Cara membuat aplikasi web
Membuat situs web bisa sedikit rumit dibandingkan dengan menulis desktop atau aplikasi Android, karena bahasa pemrogramannya “longgar” satu sama lain.
Jadi untuk membuat aplikasi desktop, Anda hanya perlu menginstal Visual Studio dan Anda sudah memiliki hampir semua yang Anda butuhkan untuk membuat aplikasi. Dari desain eksterior hingga desain dan pemrograman.
Namun, dalam hal pemrograman Web, itu adalah front-end dan back- end dibagi menjadi dua kelompok utama Anda.
Front-end
Ujung depan adalah penunjukan untuk tampilan atau desain situs web karena akan muncul di browser web. Side front-end ini, HTML , CSS , danJavaScript adalah bahasa ada akan . Ketiganya saling terkait dan saling terkait. Secara khusus, Anda menggunakan HTML untuk membuat kerangka kerja web dasar, CSS untuk membuat desain tampilan, dan JavaScript untuk membuat efek animasi interaktif (slider yang biasa ditemukan di beranda situs web). / Buat salah satu fitur tayangan slide).
Tidak ada alternatif untuk ketiga bahasa ini, jadi tidak ada bahasa pemrograman lain yang dapat dipilih. Juga, siapa pun yang ingin belajar ujung depan akan selalu memiliki akses ke HTML, CSS, dan JavaScript, menyederhanakan proses pembelajaran.
Karena ketiganya terhubung, pembelajaran ujung depan juga harus berurutan. Dengan kata lain, mulai dengan HTML, lalu CSS, dan akhirnya JavaScript.
Back-end
Bagian belakang adalah sisi pemrograman web yang tidak terlihat di browser web. Ini biasanya termasuk proses internal yang dijalankan untuk memproses data.
Misalnya, jika Anda mengisi formulir di situs web dan mengklik tombol kirim atau daftar, data akan diproses dalam bahasa pemrograman backend. Seringkali, proses ini juga melibatkan aplikasi basis data di mana formulir data disimpan.
Pilihan bahasa pemrograman back-end sangat beragam. Yang paling dikenal dan paling banyak digunakan adalah bahasa pemrograman PHP . PHP biasanya, dalam kemampuan memproses data, MySQL perlu menyimpan data dalam aplikasi database, seperti Anda .
Bahasa pemrograman web back-end alternatif lainnya adalah Python , Java , dan bahkan JavaScript ( NodeJS ).
Kesimpulan: urutan pembelajaran pemrograman
Untuk mengakhiri artikel ini, kesimpulan selanjutnya adalah serangkaian pembelajaran untuk menjadi seorang programmer.
- Memahami penggunaan komputer secara umum
- Pelajari algoritma dari salah satu bahasa pemrograman dasar ( Pascal , C atau C ++ )
- Putuskan aplikasi mana yang ingin Anda buat.
- Jika Anda membuat aplikasi desktop, Anda dapat mulai belajar Visual C #, Visual C ++, atau Visual Basic ( bagian dari Microsoft Visual Studio ) .
- Jika Anda ingin membuat aplikasi Android, gunakan bahasa pemrograman Java Mulai belajar dan, di Android Studio muka Anda bisa .
- Jika Anda ingin membuat situs Web , HTML , CSS , JavaScript dari (front end) untuk mulai belajar dari, PHP dan MySQL (bagian belakang) Anda dapat melanjutkan Anda .
Urutan yang dijelaskan di sini benar-benar hanya bahan dasar. Seringkali, sumber daya yang lebih maju juga perlu ditangani.
Misalnya, akan ada kerangka kerja seperti dalam pemrograman web, bootstrap , CodeIgniter , Laravel , Vue , React , NodeJS, dll. Rata-rata, pekerjaan pemrograman web juga harus memahami kerangka kerja ini. Tetapi, tentu saja, Anda harus belajar secara bertahap. Seperti belajar matematika, itu harus dimulai dengan Kabat saya terlebih dahulu dan tidak bisa langsung masuk ke kalkulus.
Mempelajari semua ini bukanlah momen. Jika itu benar-benar dimulai dari awal, menurut saya butuh 1-2 tahun untuk mempersiapkan keterampilan untuk memenuhi persyaratan dasar pekerjaan programmer minimal. Itu cepat dan catatan sudah mengandung sumber bahan belajar yang mudah dipahami.
Penutup
Akhirnya, beberapa tips penutup untuk fokus pada pembelajaran pemrograman:
Jangan terburu-buru Semuanya membutuhkan proses dan tidak ada yang bisa dilakukan segera . Inti dari pemrograman adalah pemecahan masalah. Proses mengatasi masalah ini harus lebih dari sekadar salin dan rekat dari buku atau internet, tetapi Anda harus membuatnya dengan satu.
Pada awalnya, hindari buku-buku studi kasus . Fokus pertama pada konsep dasar. Setelah Anda memahami dasar-dasarnya, masukkan studi kasus. Tutorial studi buku dan kasus biasanya berhenti menjelaskan arti dari setiap kode yang ditulis. Jadi, jika Anda tidak mengerti tujuan kode, Anda bisa menyalin dan menempelkan kedua ujungnya. Programnya, tapi saya tidak tahu apa fungsi kode-kode ini.
Latih bahasa Inggris Anda setidaknya secara pasif seiring waktu (hanya membaca) . Sebagian besar sumber teknologi pemrograman ini ada di Eropa dan Amerika. Sebagian besar materi pembelajaran pemrograman di Indonesia hanya tersedia untuk materi dasar. Untuk informasi lebih lanjut, versi panduan bahasa Indonesia mungkin belum tersedia. Karena itu, untuk terus bersaing, Anda memerlukan akses langsung dari sumber berbahasa Inggris.
Pemrograman adalah pembelajaran seumur hidup . Jika Anda memutuskan untuk berkarir di bidang teknologi, terutama pemrograman, ya. Dan saya tidak pernah berhenti belajar. Kami selalu harus mengikuti perkembangan terbaru.
Pada 2010, BlackBerry mendominasi dunia smartphone dan menjadi posisi sosial pribadi. Sebagai pengembang aplikasi BlackBerry pada saat itu, jika Anda tidak ingin beradaptasi atau belajar membuat aplikasi Android, itu saja. Saat ini, blackberry sudah tidak terdengar lagi.
Begitu pula dengan android saat ini. Tidak ada yang tahu bahwa teknologi baru akan menggantikannya selama lima tahun ke depan. Menjadi mudah beradaptasi dan terus diperbarui adalah kunci keberhasilan sebagai seorang programmer.
Tentu saja harus melibatkan kerja keras dan kerja cerdas. Suatu hari, Indonesia tidak lagi hanya pengikut, sangat mungkin akan menjadi kiblat IT dunia. Untuk mencapai hal ini, Indonesia membutuhkan ribuan programmer yang menakutkan. Apakah Anda salah satunya?
Posting Komentar untuk "Urutan Belajar Bahasa Pemrograman untuk Pemula"